Interaksi Manusia Komputer (UAS)

PERTANYAAN

  1. Jelaskan tentang terminologi pengertian Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer
  2. Apa tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu Interaksi Manusia dan Komputer
  3. Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan
  4. Uraikan faktor-faktor IMK yang terdapat dalam blog anda
  5. Sebutkan jenis menu yang ada dalam blog tersebut
  6. Jelaskan tentang Computer-Supported Cooperative Work
  7. Sebutkan dan jelaskan minimal 10 contoh groupware yang anda ketahui
  8. Tuliskan alamat blog anda buat

JAWABAN

  1. Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
  2. Tujuan dari pemahaman aspek-aspek suatu Interaksi Manusia dan Komputer agar dicapai suatu kondisi yang senyaman mungkin ketika seseorang harus bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang cukup lama.
  3. Untuk menghasilkan suatu interface yang baik dalam sebuah perancangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Merefleksikan Model Mental User, Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain dan penggunaan komputer secara umum.
  • Explicit and Implicit Action. Explicit Action adalah kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk memanipulasi suatu obyek. Sementara Implicit Action adalah kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.
  • Direct Manipulation, User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi
  • User Control, mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.
  • Feedback and Communication, Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.
  • Consistency, User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.
  • WYSYWIG (What You See Is What You Get), Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
  • Aesthetic Integrity, Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.
  • Robustness, Menggunakan kata-kata yang bersahabat.
  • Protection, User akan tetap merasa nyaman ketika dia melakukan kesalahan, misal ketika user melakukan deleting atau menghapus files tanpa sengaja tidaklah menjadi kekacauan yang berarti karena misal ada recovery tools seperti undo, recycle bin, dll.
  • Ease Of Learning And Ease Of Use, Kemudahan dalam mengoperasikan software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.
  • Flexibility, Contoh adanya menu, hotkey, atau model dialog yang lainnya.
  • Product compatibility, Sebuah aplikasi yang bertopengkan antarmuka harus sesuai dengan sistem aslinya
  • Work flow compatibility, Jangan sampai user mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya karena user mengalami kebingungan ketika urutan pekerjaan yang ada pada sistem manual tidak ditemukan pada software yang dihadapinya.

     4. Faktor-faktor IMK yang terdapat pada blog saya adalah :

  • Adanya form komentar bagi pengunjung yang ingin memberikan komentar mereka pada tulisan/ postingan saya
  • Adanya Pembagian Posting / Tulisan yang mempermudah pengunjung untuk memilih type bacaan
  • Adanya arsip-arsip dari tulisan yang dibagi dalam bulanan.

5. Jenis Menu yang terdapat dalam blog saya adalah :

  • Button Klik
  • Kategori Link

6. Computer Supported Cooperative Work (CSCW) adalah adalah bidang studi yang berfokus pada  perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering diantara mitra yang berjauhan. Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.

7. 10 Contoh Groupware

  • HORDE

Horde adalah web application framework yang berbasiskan PHP. Banyak aplikasi yang ditawarkan diantaranya Horde IMP email client, groupware (didalamnya terdapat fungsi calendar, notes, tasks, dan file manager), wiki, serta time and task tracking software. Dalam Horde terdapat Horde E-mail Platform yang didalamnya memiliki fitur IMP (e-mail client berbasis web), Ingo (e-mail filter rules manager), dan Sork kumpulan dari empat Horde modules (accounts, forwards, password, dan vacation) dimana keempat modul ini dikolaborasikan menjadi berbagai macam fungsi account management.

  • Simple Groupware 

Software yang satu ini merupakan paket groupware yang ditulis dalam bahasa PHP, menggunakan database MySQL versi 4 ke atas. Simple Groupware berisikan calendar system, e-mail client, inventory system dan lainnya. Simple Groupware memiliki module untuk mengatur calendar, contact, task, project, dan equipment inventories. Sedangkan eksternal data bisa diintegrasikan menggunakan IMAP, RSS, iCal, vCard, CSV, atau XML files. Firefox bookmark bisa didukung pada groupware ini dan datanya bisa diimpor dalam bentuk format file CSV, XML, HTML, RSS, dan iCal

  • Feng Office

Feng Office Community Edition tadinya diberi nama OpenGoo adalah sebuah online office suite software package  yang berlisensi opensource yang dikembangkan oleh komunitas Feng Office dan OpenGoo. Fitur yang dimiliki juga sama dengan  online office suite software package yang lain seperti Google Apps, Microsoft Office Live, Zimbra, dan Zoho. Aplikasi ini bisa didownload dan diinstal di server.

  • SOGO

Software yang berbasis open source ini dulunya bernama Scalable OpenGroupware.org, merupakan collaborative software atau groupware server yang digunakan untuk multiple clients. Software ini kebanyakan ditulis dalam bahasa C, PostgreSQL, dan Apache. SOGo memiliki perbedaan dengan groupware lainnya yang tidak hanya merupakan penggabungan dari berbagai macam aplikasi, namun juga fokus untuk menyediakan platform untuk solusi groupware yang menggunakan protokol standar dan XM yang berbasiskan API. Client yang didukung adalah Kontact dan Novell Evolution melalui GroupDAV.

  • Tine 2.0

Tine 2.0 adalah business software package dengan tipe lisensi open source. Aplikasi ini masuk ke dalam kategori groupware dan Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi ini merupakan platform yang independen dan diimplementasikan sebagai Service Oriented Architecture (SOA) yang terdiri dari dua bagian penting yaitu komponen server yang digunakan untuk master data source, ditulis dengan menggunakan PHP, dan menggunakan database SQL sebagai central data storage. Untuk komponen Client yang digunakan sebagai graphical user interface (GUI) yang ditulis dalam Javascript dan dijalankan menggunakan web browser.

  • E-GroupWare

E-GroupWare merupakan salah satu software berbasis open source groupware yang diperuntukkan bagi perusahaan berskala menengah hingga enterprise. Kegunaan utamanya adalah untuk mengatur contacts, appointments, projects, dan to do list. Software ini bisa digunakan melalui native web interface, menggunakan access platform independent, atau menggunakan groupware clients yang didukung antara lain Kontact, Novell Evolution, Microsoft Outlook, selain itu juga digunakan pada PDA.

  • Zimbra

Zimbra atau Zimbra Collaboration Suite (ZCS) merupakan collaboration suite full featured yang mendukung email dan group calendar. Software ini menggunakan web interface berbasis Ajax yang mendukung tool tips, drag and drop items, dan right click menu pada user interfacenya. Termasuk kemampuan searching dan date relations serta online document authoring

  • GroupOffice

GroupOffice merupakan groupware yang berbasis PHP dengan dua lisensi yang berbeda yaitu komersial dan open source. Online suite ini memiliki aplikasi office yang ada di dalam server utamanya sehingga aplikasi-aplikasi tersebut dapat diakses melalui web browser. Aplikasi tersebut adalah address book, calendar, e-mail, timesheet, notes, dan website content management modules. Untuk email sudah mendukung fitur IMAP dan POP3, calendar mendukung iCalendar import, sedang untuk profesionalnya disinkronisasi dengan PDA, mobile phone dan Microsoft Outlook.

  • Zarafa

Zarafa adalah collaborative software yang mampu menyimpan email pada server dan menggunakan mail client berbasis Ajax yang dinamakan Web-Access. Seluruh server komponen dan WebAccess dari Zarafa menggunakan lisensi AGPL. Sedangkan untuk fitur yang lebih advance hanya tersedia pada versi komersial

  • Collabtive

Collabtive adalah web based project management software yang menggunakan lisensi open source. Software ini menggunakan proprietary tools seperti Basecamp atau ActiveCollab. Collabtive sendiri ditulis menggunakan PHP5 dan menggunakan user interface berbasis Ajax. Selain itu juga mendukung hingga 30 bahasa berbeda dan terintegrasi dengan web services melalui XML API. Fungsi lain yang dimiliki adalah penggunaan To do list, Milestones, Calendar, Messaging/Instant Messaging, File Management, Role based user permissions, Timetracking, Tagging, Search, Reporting (berbentuk file Microsoft Excel dan PDF), Exporting ke berbagai bentuk file seperti ZIP, XML, RSS, iCal dan vCard), Importing from Basecamp XML dan Multilanguage.

8. Alamat blog saya : https://rileyriey.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s