Setting Google DNS Pada Ubuntu 11.10

Kecepatan mengakses internet, mutlak diperlukan seorang user dalam berhubungan dengan dunia maya. Beragam cara untuk dapat meningkatkan kecepatan akses browsing, ada yang menggunakan tool – tool optimized proxy, ada juga yang menginstall add-on pada salah satu tool browsing untuk meningkatkan kecepatan akses internet. Dalam tulisan ini, penulis mengambil inisiatif untuk membahas penggunaan DNS Public Google pada lalu lintas jaringan internet yang digunakan.

DNS merupakan singkatan Domain Name Server, yang merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk mengubah nama domain ke bentuk IP Address atau sebaliknya. Untuk setiap situs, adalah wajib memiliki DNS tersendiri contohnya Google, mempunyai DNS Server (IPv4) : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, Penggunaan salah satu DNS suatu situs tertentu, berakibat pada cepat atau lambannya akses internet kita, jadi pintar-pintarlah memilih dan menerapkan DNS tersebut ke settingan networking kita.

Berikut adalah cara mengkonfigurasi settingan networking, menggunakan DNS dari Google pada Ubuntu 11.10, untuk tampilan GUI versi GNOME3, teman sekalian bisa mengkondisikan dengan bawaan os dan environment GUI Desktop masing-masing :

1. Pada Menu Application, pilih panel other sebelah kanan, dilanjutkan dengan memilih Network Connection pada panel sebelah kiri
2. Dari Network Connection yang sudah muncul kita bisa atur settingannya, seperti contoh berikut :


3. Karena menggunakan DNS lebih dari satu, maka penulisannya dipisahkan dengan tanda koma (,)
4. Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s